20.1.10

Tips merawat lukisan (2)

Sering ketika kita merawat rumah, justru lupa merawat hal-hal lain yang justru sebenarnya membuat interior rumah kita menjadi lebih terkesan indah, hangat bahkan lux, dan yang penting jika itu lukisan, maka lukisan itu mampu membuat semangat hidup kita selalu berkobar-kobar.


Selain bunga, pada umumnya kita memiliki lukisan yang dipajang di rumah karena dapat memberikan kesan hangat pada ruangan. Terpikirkah di benak Anda cara merawat lukisan itu sendiri? Seringkali kita hanya tahu bagaimana membeli dan menikmati tanpa tahu bagaimana merawatnya.

Gantung lukisan di tempat yang kering. Jangan menggantungnya di tempat yang lembab karena dapat mengakibatkan lukisan tersebut rusak secara perlahan. Selain itu, jangan pula meletakkan lukisan Anda di lantai. Selain hawa dingin yang dapat berakibat buruk bagi lukisan Anda, secara estetika pun tak masuk logika.

Bersihkan. Lap dengan menggunakan lap kering. Anda juga dapat menggunakan kemoceng. Tapi waspadai debu-debu yang berterbangan karenanya.

Secara berkala, semprotkan obat pembasmi serangga (obat nyamuk semprot) pada bagian depan dan belakang lukisan. Beri jarak kurang lebih satu meter, kemudian lap dengan lap kering. Lakukan paling tidak dua minggu sekali. Hal ini diperlukan untuk mencegah binatang seperti rayap yang berpotensi merusak lukisan kesayangan Anda.

Sebulan sekali lap lukisan Anda dengan lap basah kemudian segera lap dengan lap kering. Hal ini berguna agar warna lukisan Anda tetap terlihat cemerlang. (tipsrumah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar