28.5.10

Lukisan Kincir Angin Van Gogh Dipamerkan




AMSTERDAM--Lukisan kincir angin yang baru-baru ini diidentifikasi sebagai karya Van Gogh dipamerkan di museum Belanda. Para pakar di museum Van Gogh, Amsterdam, menyimpulkan bahwa 'Le Blute-fin Mill' dilukis oleh seniman Belanda itu pada tahun 1886.

Lukisan berwarna cerah yang menggambarkan warga Paris berjalan di sekitar kincir angin itu dipamerkan di Museum de Fundatie di Zwolle. Ralph Keuning, direktur museum Fundatie, menemukan lukisan ini pada tahun 2007 dan kemudian dinyatakan asli.

Keuning mengatakan, lukisan itu merupakan ciri khas Van Goh karena banyak orang yang ditampilkan dalam karyanya tersebut. ''Keunikan lain adalah kincir angin yang ditonjolkan," ujarnya,

Lukisan itu dibeli 35 tahun lalu oleh Dirk Hannema, pendiri museum. Saat itu ia merasa yakin bahwa lukisan itu adalah karya artis besar tersebut. Namun kemudian banyak yang tidak percaya pada dirinya setelah ia membeli lukisan pada tahun 1937 yang kemudian diketahui palsu. "Pada akhirnya, ia membuktikan bahwa ia benar," jelas Keuning.

Hannema memajang Le Blute-fin Mill di kediamannya sampai ia meninggal tahun 1984. Lukisan itu kemudian hilang dan kembali ditemukan lagi tahun 1993 dan kemudian tahun 2007.

Louis van Tilborgh, kurator museum Van Gogh di Amsterdam mengatakan, lukisan itu tidak biasa dibuat oleh seniman abad ke-19.

Lukisan itu menggambarkan warga Paris naik tangga kayu ke kincir angin di kawasan Montmartre. Namun ia menambahkan elemen lain karya itu adalah warna cerah yang merupakan keunikan Van Gogh ketika ia tinggal di Paris.

Lukisan kanvas itu juga menggunakan warna yang biasa ia gunakan di karya lain. Van Tilborgh mengatakan, "Anda dapat mengaitkannya dengan karya Van Gogh pada masa itu, namun tidak banyak."

Le Blute-fin Mill dipamerkan di museum itu sampai tanggal 4 Juli nanti, beserta karya-karya lain Van Gogh. (Republika, Jumat, 26 Feb.2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar